Jumat, 22 Februari 2013

Cerita Galau


Semua bermula ketika mataku menangkap bayanganmu, entah kenapa walaupun belum mengenalmu, aku merasa tertarik padamu. Sejak itu sorot mataku tak pernah lepas dari bayangmu. Semua yang kau lakukan selalu tertangkap oleh mataku. Sampai saat aku sadar, bahwa kau memperhatikan seseorang, seorang wanita yang mungkin kau cintai.

entah apa yang terjadi, aku memberanikan diri bertanya padamu. Kau diam dan berusaha menentang pertanyaanku. Tapi aku tau dari raut merah wajahmu, mengatakan bahwa dia benar-benar wanita istimewa dihatimu.

Melihat itu semua, aku hanya bisa tersenyum. Aku kira semua sudah berakhir, aku tinggal mundur perlahan. Tetapi kamu malah meminta bantuanku untuk memberikan masukan, agar dia bisa jatuh hati padamu. Dan dengan bodohnya aku berkata “ya”.

Sejak saat itu, hubunganku denganmu semakin dekat. Aku sampai berpikir, bahwa aku mengetahui suatu rahasia yang hanya diketahui antara kita berdua. Sedikit demi sedikit rasa tertarikku padamu berkembang menjadi cinta. Rasa cintaku tumbuh tanpa meminta izin terlebih dahulu padamu.

Tapi aku sama sekali tidak ingin menyampaikannya padamu. Karena detik-detik yang kita habiskan bersama sudah lebih dari cukup. Lagipula aku tau diri, kita bersama karena ada “dia” diantara kita.

Mungkin sudah tiba saatnya, kau memberanikan diri untuk mendekatinya. Membuat waktu yang kita habiskan berdua semakin sempit, tidak apa. Aku sudah bertekad untuk mendukungmu.

Semakin hari kau semakin tergila-gila padanya. Mungkin karna kamu sudah lebih mengenalnya. Ada sedikit rasa cemburu. Tapi tidak akan ku biarkan cemburu itu berubah menjadi batu penghancur persahabatan kita.

Hari ini kau menghubungiku, sedikit bahagia, karena sudah lama aku tidak melihat namamu di layar ponselku. Kau berkata ada sesuatu yang ingin kau sampaikan. Tentu saja aku tau pasti tentang “dia”.

Tepat seperti dugaanku, “dia”. Katamu, besok kau akan mengungkapkan perasaanmu padanya. Hanya saja, ada sedikit keraguan dan ketakutan akan kemungkinan yang terjadi, diterima atau ditolak? Aku berusaha untuk tetap tenang. Satu satunya kata yang terbersit dikepalaku hanyalah, senyuman.

Dengan senyuman aku berkata, “Tenang, aku memang tidak  bisa banyak membantu, hanya saja jika kamu merasakan ketakutan saat menyatakan cintamu, aku pasti akan memberikan seluruh keberanianku padamu, tutup matamu dan coba ungkapkan padanya. Aku yakin keberanianku pasti akan tersampaikan padamu.” Setelah mendengar kata kataku dia tertawa dan memelukku. Mungkin itu bukan apa-apa untuknya, tapi tidak bagiku.

Tampangmu tidak buruk, kamu juga pintar. entah kenapa aku yakin dia pasti menerimamu. Tapi apapun jawabannya aku hanya bisa menunggu.

Hari itupun tiba, ponselku berdering, namamu tertera dengan indah dilayar ponselku. Aku menyiapkan diri untuk semuanya. Aku menekan tombol terima panggilan. Terdengar nada bahagia yang mengatakan “happy ending”.

Tanpa sadar, aku mengatakan “maaf jika aku akan membuatmu bimbang, tapi aku hanya ingin mengatakan perasaan yang harus disampaikan. Aku mencintaimu, walaupun tau aku akan ditolak. Aku tetap mencintaimu. Selamat, semoga kau bahagia bersamanya.” Aku menutup telepon secara sepihak.

Sadar bahwa aku tidak akan mengangkat teleponmu, kamu mengirimi pesan singkat yang berisi, “aku sedikit terkejut dengan perasaanmu padaku, tapi aku tidak akan mungkin membalas perasaanmu. Maaf”

Perasaan sepihak memang menyakitkan ya, tanpa terasa air mataku mengalir

Surat Cinta Untuk Senior-ku



 #DearKamu
Pemilik senyum terindah

Hallo, maaf yah sebelumnya udah lancang nulis surat buat kamu.
Aku tidak tau mesti mulai dari mana, jadi aku to the point ajah yah.
Semuanya berawal dari ospek....
Perasaan yang sempat hilang kini hadir kembali semenjak bertemu denganmu..
Seolah pandanganku tak ingin lepas untuk terus memandangmu..
Ahh.. rasanya aku hampir gila karena dirimu.

Ohh iya...
Percaya tidak sama yang namanya jatuh cinta pada pandangan pertama??
Kiranya itulah yang aku alami saat pertama kali melihatmu.
Sulit dipercaya, memang. Tapii itu nyata.
Seolah-olah kamu selalu menjadi prioritas utamaku. Padahal kenal pun tidak.
Hari ke hari semakin dalam perasaanku kepadamu.
Perasaan yang ingin lebih dari mengagumi.
Rasanya kurang puas kalau hanya sekedar mengagumi dalam diam, hanya mampu memandangmu dari jarak yg lumayan dekat denganmu namun kamu tidak pernah menyadarinya. Aku mau lebih dari itu.
Mustahil.. tapi aku tetap optimis.
Hingga saat ini pun aku masih menunggu kamu untuk bisa membalas perasaanku. Saat ini Cuma itu yang bisa aku lakukan. 


untuk kamu, pria manis dengan pembawaan yang tenang :)

Rabu, 06 Februari 2013

TUGAS TEORI ARSITEKTUR


    GERAKAN PADA ARSITEKTUR MODERN

1. Art and Craft Movement (Pergerakan Seni dan Kerajinan)
a. Sejarah dan Perkembangan      

Arts and Craft muncul sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap Victorian yang dianggap sudah terlalu tradisional dan ketinggalan zaman. Selain itu Victorian juga miskin nilai-nilai estetis karena sifat-sifatnya yang natural dan apa adanya. Maka Arts and Craft muncul dengan pelopornya William Morris, mengusung gaya ilustrasi yang kaya akan seni decorative yang memiliki nilai craftmenship tinggi.
       Sebenarnya gerakan ini walau menolak pembuatan karya seni dengan mesin, bukanlah gerakan yang anti modernisme dan anti industrialisme. Orang-orang eropa merasakan pentingnya penggunaan mesin, tapi hanya untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Muthesius, yang merupakan kepala desain pemerintahan Jerman, yang disaat itu bangsa jerman dekat dengan penggunaan mesin, merasakan bahwa seni harus disebarluaskan, yang dia sebut sebagai demokratisasi seni. Dan karena pendapatnya ini terjadi konflik antara dia dan Henry Van de Velde yang merasakan produksi masal adalah ancaman untuk kreatifitas dan individualitas.
        Art and Craft Movement atau dalam bahasa Indonesia disebut Gerakan Seni dan Kriya adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual. Gerakan Seni dan Kriya ini diinspirasikan oleh tulisan-tulisan tangan John Ruskin dan oleh para seniman yang membanggakan hasil kerja tangannya. Gerakan ini berlangsung di Inggris dan Amerika yang didasari perlawanan akan revolusi industri. Karena para seniman beranggapan karya-karya yang dihasilkan oleh mesin hasilnya monoton dan karya tersebut seperti kehilangan jiwanya.
        Pemikiran mereka mengenai desain yang bagus memiliki hubungan dengan pemikiran mereka mengenai masyarakat yang ideal. Hal ini adalah pandangan mengenai situasi masyarakat dimana para pekerja tidak terbebani oleh kondisi kerja di pabrik, namun dapat bekerja dengan kebanggaan karena keterampilannya dan kemampuannya. Di periode ini, barang-barang manufaktur seringkali buruk dalam kualitas dan desain. Ruskin, Morris dan anggota lain memberi proposal bahwa akan lebih baik jika keterampilan tangan individual dapat dihidupkan kembali maka para pekerja akan mampu menghasilkan benda yang indah hasil keterampilan tangan yang baik dibandingkan hasil produksi massal yang buruk. Sehingga tujuannya adalah menciptakan desain yang "dibuat oleh masyarakat untuk masyarakat, dan merupakan sumber kesenangan bagi pembuat dan pemakai"
        Bagaimanapun, dengan cepat Arts and Crafts Movements di Ingris mulai menekankan keterampilan tangan dengan pengorbanan harga pasar umum. Hasilnya adalah karya yang dibuat dengan baik dan penuh dekorasi yang hanya mampu dibeli oleh kaum mampu. Dengan begitu ide bahwa seni untuk masyarakat menghilang, dan hanya sedikit pengrajin yang dapat diperkerjakan untuk karya-karya ini.
        Bersama William Morris, Ruskin membentuk "Art Workers"uGuild pada 1884 untuk meruntuhkan penghalang antara pelukis, pengrajin, dan arsitek. Kata-kata Arts and Crafts sendiri digunakan atas usul T J Cobden-Sanderson.


b. Hasil karya desain
       
Benda-benda kerajinan tangan masih banyak digunakan. Mulai dari perabot rumah tangga sampai perhiasan dan tidak terlupa bahan pakaian.Harga benda kerajinan tangan bisa menjadi lebih mahal daripada harga benda hasil produksi pabrik dikarenakan adanya pengaruh Art and Craft Movement.

Contoh karya :

1. Cover majalah studio 1888
http://easytutorial.blinkweb.com/uploads.00099484/00077857_small.jpg

http://easytutorial.blinkweb.com/uploads.00099484/00077858.jpg







2. Cover majalah "Craftsman" - Gustav Sticley



http://easytutorial.blinkweb.com/uploads.00099484/00077860.jpg
 













3. Halaman buku "Morte`d Arthur"- Aubrey Breadsley


http://easytutorial.blinkweb.com/uploads.00099484/00077864.jpg
 


















c. Karakteristik desain
Ciri-ciri style:

1. Sudah memiliki prinsip proporsi dan fungsi-fungsi bentukan
2. Memiliki nilai estetis dan craftmenship yang sangat tinggi
3. Border berupa seni ornament yang mayoritas berupa sulur-sulur atau  
    Tetumbuhan yang padat dan rumit
4. Dipengeruhi oleh gaya ilustrasi Gothic
5. Bila dibandingkan dengan gaya ilustrasi sebelumnya yaitu Victorian, Arts and  
   Crafts jauh terlihat lebih bagus dan inovatif.

 
        Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan serius dan teliti.
Secara garis besar, art and craft movement terbagi atas dua aliran besar, yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau

http://easytutorial.blinkweb.com/uploads.00099484/00077866.jpg
        Artichoke, karya John Henry Dearle, tahun 1897. disini dapat dilihat motif yang sangat rumit. dan ornamen-ornamen dekoratif yang nantinya menggagasi art nouveau sudah muncul Warna-warna yang soft yang disini mewakili feminisme terlihat dominan.

d. Tokoh

1. William Morris
2. Owen Jones
3. Gustav Sticley
4. Aubrey Breadsley
5. Arthur Mc. Murdo
6. Adolf Loos
7. Michael Tonet
2. Art Nouveau
a. Sejarah dan perkembangan Art Nouveau
Zaman ini merupakan pergerakan revolusioner dimana adanya pembatas yang tegas antara seni murni dan seni terpakai. Art Nouveau lebih menitik beratkan pada konsep pemahaman kehidupan modern dan metode produksi. Seniman diharuskan berkreasi mulai dari arsitektur hingga furniture design, sehingga seni merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Keindahan dan harmoni merupakan bagian dari kehidupan keseharian; seniman turut serta membuat kehidupan manusia lebih indah.
‘Function follows form’ merupakan penanda zaman ini. Ciri seni zaman ini adalah; sedikit dekorasi, sederhana dan indah.
Art Nouveau sangat mempengaruhi perkembangan gaya De Stijl (Belanda; 1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an).
Nama ‘Art Nouveau’ berasal dari nama sebuah toko di Paris, Maison de l’Art Nouveau, yang dimiliki oleh Siegfried Bing, yang memamerkan benda-benda yang memiliki ciri desain aliran art nouveau.
Sejarah Art Nouveau
Art Nouveau adalah aliran yang berasal untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, sangat tidak mungkin untuk tinggal di dalam rumah bergaya art nouveau tanpa furniture yang bergaya art nouveau pula seperti peralatan makan, perhiasan, dan lainnya. Para desainer meemusatkan gaya art nouveau di beberapa kota di Eropa termasuk Brussels, Nancy, dan Paris. Di Brussels aliran ini secara aktif dikembangkan dengan bantuan Victor Horta and Henry Van de Velde.
Selain di toko Maison de l’Art Nouveau, gaya ini tidak terlalu berhasil di Paris. Dimana, pintu masuk dari Paris Métro didesain oleh Hector Guimard pada tahun 1899 dan 1900 terkenal sebagai salah satu arsitektur Art Nouveau di Paris.
Di Inggris, Art Nouveau merupakan pengembangan dari Arts and Crafts Movement. Pusat yang paling penting di Britain adalah Glasgow dengan kreasi dari Charles Rennie Mackintosh
Gaya Art Nouveau berkembang pertama kali terjadi di Belgia dan meyebar ke Eropa sampai Amerika dengan nama yang berbeda, seperti Jugendstill di Jerman, Austria, dan banyak Negara lainnya, yang dinamakan setelah masa avant-garde, Jugend yang berarti muda. Młoda Polska (gaya ‘Polandia muda’ ) di Polandia, or skønvirke di Denmark, dan Sezessionsstil (’Secessionism’) di Vienna, dimana mencari seniman atau desainer untuk mengadakan pameran untuk memamerkan hasil karya mereka. Art Nouveau juga disebut Liberty di Inggris, Style Moderne di Prancis dan lain-lain
Pada mulanya, Art Nouveau dan Jugendstil bukan merupakan nama gaya, dan gaya ini diadopsi dari beberapa label yang berbeda yang menyebar di beberapa tempat. Dua nama tadi berasal dari gallery Siegfried Bing L’Art Nouveau di Paris dan Majalah Jugend di Munich
Puncak Art Nouveau terasa di seluruh Eropa selama 15 tahun.
b. Tokoh-tokohnya adalah
. Hector Guimard, Victor Horta Magazines seperti Jugend membantu menyebarkannya di Jerman, Vienna Secessionists mempengaruhi seni di austria dan hungaria. Art nouveau juga mempengaruhi masing-masing individual seperti Gustav Klimt, Charles Rennie Mackintosh, Alfons Mucha, René Lalique, Antoni Gaudí dan Louis Comfort Tiffany, yang masing-masing dari mereka mempunyai cara yang berbeda dalam berkarya.
Cover depan dari majalah Jugend di Jerman pada 1896
Cover buku Wren’s City Churches oleh Arthur Mackmurdo (1833)
Cover buku Wren’s City Churches karya Arthur Mackmundo, dengan pola tanaman yang ritmis, sering dianggap sebagai realisasi awal art nouveau. Disaat yang bersamaan, perspektif datar dan warna-warna kuat dari ukiran Jepang, terutama yang dibuat Katsishika Hokusai, memberikan efek pada Art Nouveau.
Meskipun Art Nouveau cenderung nyata dalam lokalisasinya yang menyebar, beberapa karakteristiknya ditunjukkan dari bentuk-bentuknya. Deskripsi yang dipublikasikan oleh majalah Pan tentang Cyclamen karya Kermann Obrist (1894), menjadi terkenal selama penyebaran Art Nouveau. Tidak hanya karya itu menjadi lebih terkenal The Whiplash, tetapi istilah “whiplash/cemeti” menjadi aplikasi dalam bentuk-bentuk kurva yang dibuat oleh para seniman pada saat itu. Dekorasi whiplash, terbentuk dari garis yang dinamik, tidak tumpul, dan melayang dalam ritme, ditemukan di seluruh arsitektur, lukisan, patung, dan bentuk-bentuk desain lain art nouveau.
c. Ciri Khusus:
1. Bangunan Art Nouveau kebanyakan dibangun dengan menggunakan bahan  material kaca dan jarang memakai bahan material besi ataupun baja
2.Irama bentuk dari seni Art Nouveau adalah dinamis, mengalir, kurva dan berombak-ombak “cambuk”
3. Bangunan Art Nouveau masih menggunakan ornament







d. karya art nouveau
Domenech i Montaner: Casa Navas Reus
Domenech i Montaner: Hospital de Sant Pau

3. Chicago School
a. Sejarah dan Perkembangan
Chicago school (amerika), tokohnya yang ternama ialah Luis Sullivan dan Frank Lyod wright. Pada gerakan ini terutama Luis sullivan dengan slogannya ‘Form follow Function’, disini Ia membahas mengenai tampilan wajah bangunan mempengaruhi kegunaan bangunan tersebut. Sedangkan Frank mengemukakan akan bangunan adalah suatu ‘Organic architecture’, karena sesuai dengan keadaan Amerika pada saat itu.
Chicago school merupakan  gaya arsitektur yang menonjolkan teknologi struktur frame baja dalam desainnya, umumnya merupakan gedung-gedung pncakar langit dan gedung-gedung kantor


b. Ciri yang menonjol:
1. Struktur rangka baja
2. Finshing dinding batako, terra cotta, dan frame-frame kusen logam yang menonjol
3. 3 bagian jendela utama, umumnya  ditengah  merupakan jendela utama yang diapit jendela kecil disampingnya
4. Sedikit Penggunaan  ornamen
c. Hasil Karya Chicago School
         http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c5/TD_Centre_View_from_Yonge_and_King.JPG/220px-TD_Centre_View_from_Yonge_and_King.JPG



4. Organic Architecture
a. Sejarah dan Perkembangan
Organic archutecture adalah sebuah konsep arsitektur dimana ruang dan bentuk dipadukan. Ruang menjadi pusat pemikiran. Arsitektur organik secara konseptual menggabungkan konsep tempat tinggal manusia dengan
lingkungan alam (From Wikipedia). Salah satu arsitek pelopornya yaitu Frank Lloyd Wright Wright sejak awal perancangan, dipandang sebagai media dari berbagai intensitas kegiatan, mempunyai karakter psikologis, nilai dan bertujuan mengangkat harkat aktivitas manusia. Museum Guggenheim merupakan contoh sempurna dari filsafat organikWright, dimana denah, potongan dan pandangan dari luar secara bersamaan menyatu secara meyakinkan dalam bentuk tiga dimensi dan ruang, diwujudkan dalam konstruksi beton spiral..
Arsitektur organik Istilah ini diciptakan oleh Frank Lloyd Wright (1867-1959), meskipun tidak pernah diartikulasikan dengan baik oleh gaya samar dia menuliskan:
"Jadi di sini saya berdiri di hadapan Anda berkhotbah arsitektur organik: arsitektur organik menyatakan untuk menjadi yang ideal modern dan pengajaran sangat dibutuhkan jika kita ingin melihat seluruh kehidupan, dan sekarang melayani seluruh kehidupan, tidak memegang tradisi penting untuk TRADISI besar. juga menghargai segala bentuk prasangka baik kepada kita memperbaiki masa lalu, sekarang atau masa depan, melainkan meninggikan hukum sederhana akal sehat atau super-akal jika Anda lebih suka menentukan bentuk dengan cara sifat bahan" - Frank Lloyd Wright, ditulis pada tahun 1954 
Arsitektur organik juga diterjemahkan ke dalam sifat semua termasuk dari proses desain Frank Lloyd Wright. Bahan, motif, dan prinsip-prinsip dasar memesan terus berulang di seluruh bangunan secara keseluruhan. Ide arsitektur organik tidak hanya merujuk pada bangunan 'hubungan harfiah ke lingkungan alam, tetapi bagaimana bangunan' desain adalah memikirkan dengan hati-hati seolah-olah itu suatu organisme bersatu. Geometri seluruh bangunan Wright membangun suasana dan tema sentral. Pada dasarnya arsitektur organik juga desain literal dari setiap elemen bangunan: Dari jendela, ke lantai, ke kursi masing-masing dimaksudkan untuk mengisi ruang. Semuanya berhubungan dengan satu sama lain, yang mencerminkan sistem pemesanan simbiosis alam.
Arsitek modernis lainnya di AS, Eropa, dan di tempat lain memiliki pandangan yang saling melengkapi dan sering bersaing tentang bagaimana arsitektur terbaik bisa meniru alam. Tokoh-tokoh kunci di AS termasuk Louis Sullivan dan Claude Bragdon , sementara di kalangan modernis Eropa Hugo Haring dan Hans Scharoun menonjol. Setelah Perang Dunia II, arsitektur organik sering tercermin model cybernetic dan Informatika kehidupan, seperti yang tercermin dalam karya kemudian futuris arsitek Buckminster Fuller .
Arsitek dan perencana David Pearson mengusulkan daftar aturan terhadap desain arsitektur organik. Aturan ini dikenal sebagai Piagam Gaiauntuk arsitektur dan desain organik. Bunyinya:
"Biarkan desain:
§        terinspirasi oleh alam dan dapat berkelanjutan, sehat, melestarikan, dan beragam.
§        terungkap, seperti organisme, dari benih dalam.
§        ada dalam "ini terus menerus" dan "memulai lagi dan lagi".
§        mengikuti arus dan menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi.
§        memenuhi kebutuhan sosial, fisik, dan spiritual.
§        "Tumbuh dari situs" dan menjadi unik.
§        merayakan semangat muda, bermain dan kejutan.
§        mengungkapkan irama musik dan kekuatan tari ". 
Eric Corey Freed mengambil pendekatan yang lebih mani dalam membuat deskripsinya:
"Menggunakan Alam sebagai dasar kami untuk desain, bangunan atau desain harus tumbuh, seperti Alam tumbuh, dari dalam ke luar Kebanyakan arsitek desain bangunan mereka sebagai shell dan memaksa mereka di dalam. Alam tumbuh dari benih gagasan dan mencapai keluar. dengan lingkungan sekitarnya. Sebuah bangunan demikian, ini mirip dengan organisme dan cermin keindahan dan kompleksitas Alam ". 
Sebuah contoh terkenal dari arsitektur organik Fallingwater , kediaman Frank Lloyd Wright yang dirancang untuk keluarga di pedesaan Pennsylvania Kaufman. Wright telah banyak pilihan untuk menemukan sebuah rumah di situs ini besar, tetapi memilih untuk menempatkan rumah langsung di atas air terjun dan sungai menciptakan menutup, namun dialog bising dengan air mengalir dan situs curam. Horizontal striations batu batu dengan berani cantilevers campuran beton berwarna krem dengan batu batuan asli dan lingkungan berhutan.
b. Ciri-ciri Karakter
- Pendekatan desain ini terinspirasi oleh alam & bentuk dibangun tumbuh dari situs, yang muncul seperti organisme dari benih alam. 
- Ini adalah visual puitis, radikal dalam desain, multifaset & mengejutkan, berbeda namun fleksibel & sadar lingkungan. 
- Arsitektur Organik dikatakan ibu dari semua arsitektur arsitektur berkelanjutan atau bio, arsitektur alternatif atau lainnya. 
Beberapa contoh dari gerakan ini adalah: 'Air Jatuh' Kaufman Residence (Pennsylvania), Sydney Opera House (Sydney), Casa Mila (Barcelona), Lotus Temple (New Delhi).

c. Ciri pada umumnya:
1. Terinspirasi bentukan alam
2. Adanya unsur pengulangan
3. Elastis, lentur, mengikuti aliran
4. Pendalaman terhadap konsep serta kepuasan dalam ide bentuk
5. Unik dan lain dari yang lain
6. Penuh dengan kejutan dan permainan
7. Mengkespresikan konsep ide secara kuat

d. Karya organic architecture
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f6/FallingwaterWright.jpg/300px-FallingwaterWright.jpg


5. Bauhouse
a. Sejarah dan Perkembangan
Bauhouse (Eropa setelah perang dunia I), tokohnya yang terkenal ialah Walfter Grophius. Bauhaus ini mencoba mengabungkan akan masalah Arsitek, seniman dan pertukangan. Tujuan bauhose ini ialah menciptakan suatu kehidupan yang baru dengan style yang baru pula, jadi pada lagam ini aspek seni dalam sejarah ditinggalkan dan berusaha menciptakan suatu seni yang baru. Bauhaus didirikan olehWalter Grophius th. 1919 di
Weimar, Jerman. Sekolah ini merupakan gabungan dari The Weimar School of Arts and Crafts dan the Weimar Academy of Fine Arts. Tujuan utama dari pendirian sekolah ini adalah: “to create a new guild of craftsmen, without the class distinctions which raise an arrogant barrier between craftsman and artist”. Istilah studio di Bauhaus lebih terkenal dengan sebutan “bengkel” (workshops) Bauhaus dikenal dengan faham-fahamnya yang bersifat revolusioner dan universal. Sejumlah literatur menyebutkan bahwa Bauhaus berkontribusi penting dalam pendidikan seni pada abad ke-20, khususnya dalam konteks metodologi.
Merupakan sebuah aliran ( gaya ) arsitektur yang didirikan oleh Walter Gropius pada tahun 1919. Pelopor International Style dan mengenalkan konsep “form follows function”, yaitu bentuk bangunan mengikuti fungsi yang ada pada bangunan tersebut. Bauhaus memiliki pengaruh besar terhadap arsitektur dunia.
Bauhaus merupakan ikon dari perkembangan Seni dan Arsitektur yang lahir akibat revolusi industri di daratan Eropa pada awal abad 20. Bauhaus merupakan aliran dengan ideolog Perdamaian antara Seni dan Industri. Kelahiran Bauhaus didahului dengan terbentuknya Deutscher Werkbund pada 9 Oktober 1907 di Munchen, Jerman,
Mereka ingin mencari solusi untuk meningkatkan kualitas produk-produk desain Jerman.
usaha melepaskan diri dari idiom-idiom desain konservatif yang telah berkembang di daratan Eropa, termasuk Jerman selama berabad-abad, sehingga Deutscher Werkbund dikenal sebagai pionir Modernism dalam ranah arsitektur. Henry-Russel Hitchcock dan Philip Johnson lantas mempopulerkan Deutscher Werkbund sebagai The International Style pada pameran Arsitektur Modern di The Museum of Modern Art, New York , 1932.
Akibat perbedaan ideologi, pada 1914 Deutscher Werkbund terpecah dua, menjadi kelompok Typisierung yang dipimpin Peter Behrens dan Mutheseus serta kelompok Kunstwollen yang dipimpin oleh Henry van de Velde, Hugo Haering, Hans Poelzig dan Bruno Taut.
Walter Gropius termasuk dalam kelompok Kunstwollen yang pada akhirnya mendirikan Bauhaus di kota Wiemar, Jerman, pada 1919.
Kelahiran Bauhaus ditandai dua hal. Selain tuntutan dunia industri terhadap masalah-masalah desain yang lebih fleksibel dan bisa diproduksi secara massal, juga didorong revolusi desain dari kemunculan tren Gaya Art-Deco di Paris, Prancis, dan kelompok De-Stijl di Rotterdam, Belanda, pada periode yamg sama.
Bauhaus lebih mengutamakan kepada penciptaan prinsip-prinsip dasar desain modern sedangkan Art-Deco lebih kepada hasil penerapannya. Tapi keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan karya desain sebagai milik semua kalangan masyarakat.
Karya seni lukis Bauhaus kebanyakan berbentuk kubisme dan ekspresionisme yang merupakan pengaruh dari pelukis modern Rusia bergaya konstruktivisme. Pesatnya perkembangan industri dan meningkatnya kebutuhan alat rumah tangga-seiring perubahan dari tatanan masyarakat agraris ke masyarakat industri akibat dari revolusi industri-desain produk seperti furnitur dan alat rumah tangga lain yang kebanyakan didominasi bahan metal, kulit dan kaca, mulai mendapat perhatian di Bauhaus
Eksperimen bentuk untuk produk-produk industri dikenalkan oleh tokoh muda Bauhaus, Josef Albert (1888-1976). Untuk produk furnitur, yang paling menonjol dan masih diproduksi sampai sekarang adalah karya desainer Marcel Bruer diantaranya Wassily Chair dan B32 Chair. Seni Bauhaus tetap menjadi literatur para desainer, baik dibidang furnitur, seni lukis, desain mode dan fashion sampai saat ini.


b. Tokoh-tokoh
tokoh-tokoh seni di Bauhaus diantaranya Paul Klee, Oskar Schlemmer, Wassily Kandinsky, El Lissitzky, Lazlo Moholy-Nagly, Marcks, Feinninger, Munche Schlemmer, dan Johannes Itten. Mereka dikenal sebagai Master of Form.
Pada dasarnya arsitektur Bauhaus bercirikan denah yang signifikan dengan aktifitas dan fungsi antar ruang yang saling berkaitan-yang kebanyakan berupa bangunan pabrik-terbebas dari aturan gaya arsitektur dan ornamentasi. Selain itu juga berupa bangunan tinggi dengan mengekspos tangga atau elevator serta berdinding kaca. Dalam ranah arsitektur, pengaruh Bauhaus masih terasa sampai sekarang, karena Bauhaus telah berhasil membebaskan arsitektur dari tradisi lama berwujud greeko-roman yang historism, serta membuka jalan bagi perkembangan arsitektur modern. Walaupun sesudahnya mendapat kritikan yang tajam terhadap perkembangan arsitektur modern dengan stream-The International Style. Bagaimanapun Bauhaus telah menjadi pencetus ideologi baru di bidang desain, meskipun umurnya tidak begitu panjang.
c. Karya bauhouse

 
6. International Style
a. Sejarah dan Perkembangan
Gaya Internasional adalah besar gaya arsitektur yang muncul pada 1920-an dan 1930-an, dekade formatif arsitektur Modernis . Istilah itu berasal dari nama sebuah buku oleh Henry Russell Hitchcock- dan Philip Johnson ditulis untuk merekam Pameran Internasional Arsitektur Modern yang diadakan di Museum of Modern Art di New York City pada tahun 1932 yang diidentifikasi, dikategorikan dan diperluas karakteristik umum untuk Modernisme di seluruh dunia. Akibatnya, fokus lebih pada aspek gaya Modernisme. Hitchcock dan bertujuan Johnson adalah untuk menentukan gaya dari waktu, yang akan mengenkapsulasi ini arsitektur modern. Mereka mengidentifikasi tiga prinsip yang berbeda: ekspresi volume bukan massa, keseimbangan bukan simetri terbentuk sebelumnya dan pengusiran ornamen diterapkan.Semua karya yang ditampilkan sebagai bagian dari pameran dipilih secara cermat, karena hanya bekerja yang ketat mengikuti seperangkat aturan yang ditampilkan. menggunakan Sebelumnya istilah itu dalam konteks yang sama dapat dikaitkan dengan Walter Gropius diInternationale Architektur, dan Ludwig Hilberseimer di Internationale neue Baukunst. 
b. Ciri-ciri
Ciri-ciri umum gaya Internasional meliputi:
• radikal penyederhanaan bentuk
• penolakan terhadap ornamen, dan
• adopsi dari kaca, baja dan beton sebagai bahan pilihan.
• Transparansi konstruksi (ekspresi jujur struktur)
• Penggunaaan material/struktur pabrikasi
• Menggunakan bentuk-bentuk geometri. Berbentuk Kubus sederhana “ Segiempat anjang yang menekan”.
• Semua bagian muka gedung bersudut 90 derajat dan bertingkat. Bentuknya segi-empat atau penyiku.
• Jendela tersusun secara garis horizontal dan membentuk suatu garis beraturan.
• Meminimalisir ornamen.
• Bentuk mengikuti fungsi.



c. Karya international style