GERAKAN PADA
ARSITEKTUR MODERN
1. Art and Craft Movement (Pergerakan
Seni dan Kerajinan)
a. Sejarah dan
Perkembangan
Arts and Craft muncul
sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap Victorian yang dianggap sudah terlalu
tradisional dan ketinggalan zaman. Selain itu Victorian juga miskin nilai-nilai
estetis karena sifat-sifatnya yang natural dan apa adanya. Maka Arts and Craft
muncul dengan pelopornya William Morris, mengusung gaya ilustrasi yang kaya akan seni decorative
yang memiliki nilai craftmenship tinggi.
Sebenarnya gerakan ini walau menolak pembuatan karya seni dengan mesin, bukanlah gerakan yang anti modernisme dan anti industrialisme. Orang-orang eropa merasakan pentingnya penggunaan mesin, tapi hanya untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Muthesius, yang merupakan kepala desain pemerintahan Jerman, yang disaat itu bangsa jerman dekat dengan penggunaan mesin, merasakan bahwa seni harus disebarluaskan, yang dia sebut sebagai demokratisasi seni. Dan karena pendapatnya ini terjadi konflik antara dia dan Henry Van de Velde yang merasakan produksi masal adalah ancaman untuk kreatifitas dan individualitas.
Sebenarnya gerakan ini walau menolak pembuatan karya seni dengan mesin, bukanlah gerakan yang anti modernisme dan anti industrialisme. Orang-orang eropa merasakan pentingnya penggunaan mesin, tapi hanya untuk pekerjaan yang berulang-ulang. Muthesius, yang merupakan kepala desain pemerintahan Jerman, yang disaat itu bangsa jerman dekat dengan penggunaan mesin, merasakan bahwa seni harus disebarluaskan, yang dia sebut sebagai demokratisasi seni. Dan karena pendapatnya ini terjadi konflik antara dia dan Henry Van de Velde yang merasakan produksi masal adalah ancaman untuk kreatifitas dan individualitas.
Art and Craft Movement atau dalam bahasa Indonesia disebut Gerakan Seni dan
Kriya adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan
komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh
produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan
individual. Gerakan Seni dan Kriya ini diinspirasikan oleh tulisan-tulisan
tangan John Ruskin dan oleh para seniman yang membanggakan hasil kerja
tangannya. Gerakan ini berlangsung di Inggris dan Amerika yang didasari
perlawanan akan revolusi industri. Karena para seniman beranggapan karya-karya
yang dihasilkan oleh mesin hasilnya monoton dan karya tersebut seperti
kehilangan jiwanya.
Pemikiran mereka mengenai desain yang bagus memiliki hubungan dengan pemikiran mereka mengenai masyarakat yang ideal. Hal ini adalah pandangan mengenai situasi masyarakat dimana para pekerja tidak terbebani oleh kondisi kerja di pabrik, namun dapat bekerja dengan kebanggaan karena keterampilannya dan kemampuannya. Di periode ini, barang-barang manufaktur seringkali buruk dalam kualitas dan desain. Ruskin, Morris dan anggota lain memberi proposal bahwa akan lebih baik jika keterampilan tangan individual dapat dihidupkan kembali maka para pekerja akan mampu menghasilkan benda yang indah hasil keterampilan tangan yang baik dibandingkan hasil produksi massal yang buruk. Sehingga tujuannya adalah menciptakan desain yang "dibuat oleh masyarakat untuk masyarakat, dan merupakan sumber kesenangan bagi pembuat dan pemakai"
Bagaimanapun, dengan cepat Arts and Crafts Movements di Ingris mulai menekankan keterampilan tangan dengan pengorbanan harga pasar umum. Hasilnya adalah karya yang dibuat dengan baik dan penuh dekorasi yang hanya mampu dibeli oleh kaum mampu. Dengan begitu ide bahwa seni untuk masyarakat menghilang, dan hanya sedikit pengrajin yang dapat diperkerjakan untuk karya-karya ini.
Bersama William Morris, Ruskin membentuk "Art Workers"uGuild pada 1884 untuk meruntuhkan penghalang antara pelukis, pengrajin, dan arsitek. Kata-kata Arts and Crafts sendiri digunakan atas usul T J Cobden-Sanderson.
Pemikiran mereka mengenai desain yang bagus memiliki hubungan dengan pemikiran mereka mengenai masyarakat yang ideal. Hal ini adalah pandangan mengenai situasi masyarakat dimana para pekerja tidak terbebani oleh kondisi kerja di pabrik, namun dapat bekerja dengan kebanggaan karena keterampilannya dan kemampuannya. Di periode ini, barang-barang manufaktur seringkali buruk dalam kualitas dan desain. Ruskin, Morris dan anggota lain memberi proposal bahwa akan lebih baik jika keterampilan tangan individual dapat dihidupkan kembali maka para pekerja akan mampu menghasilkan benda yang indah hasil keterampilan tangan yang baik dibandingkan hasil produksi massal yang buruk. Sehingga tujuannya adalah menciptakan desain yang "dibuat oleh masyarakat untuk masyarakat, dan merupakan sumber kesenangan bagi pembuat dan pemakai"
Bagaimanapun, dengan cepat Arts and Crafts Movements di Ingris mulai menekankan keterampilan tangan dengan pengorbanan harga pasar umum. Hasilnya adalah karya yang dibuat dengan baik dan penuh dekorasi yang hanya mampu dibeli oleh kaum mampu. Dengan begitu ide bahwa seni untuk masyarakat menghilang, dan hanya sedikit pengrajin yang dapat diperkerjakan untuk karya-karya ini.
Bersama William Morris, Ruskin membentuk "Art Workers"uGuild pada 1884 untuk meruntuhkan penghalang antara pelukis, pengrajin, dan arsitek. Kata-kata Arts and Crafts sendiri digunakan atas usul T J Cobden-Sanderson.
b. Hasil karya
desain
Benda-benda
kerajinan tangan masih banyak digunakan. Mulai dari perabot rumah tangga sampai
perhiasan dan tidak terlupa bahan pakaian.Harga benda kerajinan tangan bisa
menjadi lebih mahal daripada harga benda hasil produksi pabrik dikarenakan
adanya pengaruh Art and Craft Movement.
Contoh karya :
1. Cover majalah studio 1888
2. Cover majalah
"Craftsman" - Gustav Sticley
3. Halaman buku
"Morte`d Arthur"- Aubrey Breadsley
c. Karakteristik
desain
Ciri-ciri style:
Ciri-ciri style:
1. Sudah memiliki
prinsip proporsi dan fungsi-fungsi bentukan
2. Memiliki nilai estetis dan craftmenship yang sangat tinggi
3. Border berupa seni ornament yang mayoritas berupa sulur-sulur atau
2. Memiliki nilai estetis dan craftmenship yang sangat tinggi
3. Border berupa seni ornament yang mayoritas berupa sulur-sulur atau
Tetumbuhan yang padat dan rumit
4. Dipengeruhi oleh gaya ilustrasi Gothic
5. Bila dibandingkan dengan gaya ilustrasi sebelumnya yaitu Victorian, Arts and
4. Dipengeruhi oleh gaya ilustrasi Gothic
5. Bila dibandingkan dengan gaya ilustrasi sebelumnya yaitu Victorian, Arts and
Crafts jauh terlihat lebih bagus dan
inovatif.
Art and craft movement memberikan kesan kembali ke periode gothic, roccoco, dan
renaisans. Salah satu ciri utamanya adalah karya seni dibuat secara individu
oleh seniman dengan sentuhan artistik yang khas. Setiap karya digarap dengan
serius dan teliti.
Secara garis besar, art and craft movement terbagi atas dua aliran besar, yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau
Secara garis besar, art and craft movement terbagi atas dua aliran besar, yaitu:
1. Rasionaliasi desain oleh kalangan modernis-formalis
2. Stilasi desain oleh kalangan stylish, yang kemudian melahirkan Art Nouveau
Artichoke, karya John Henry Dearle, tahun 1897. disini dapat dilihat motif yang
sangat rumit. dan ornamen-ornamen dekoratif yang nantinya menggagasi art nouveau
sudah muncul Warna-warna yang soft yang disini mewakili feminisme terlihat
dominan.
d. Tokoh
1. William Morris
2. Owen Jones
3. Gustav Sticley
4. Aubrey Breadsley
5. Arthur Mc. Murdo
6. Adolf Loos
7. Michael Tonet
1. William Morris
2. Owen Jones
3. Gustav Sticley
4. Aubrey Breadsley
5. Arthur Mc. Murdo
6. Adolf Loos
7. Michael Tonet
2. Art Nouveau
a. Sejarah dan perkembangan Art Nouveau
Zaman ini merupakan pergerakan
revolusioner dimana adanya pembatas yang tegas antara seni murni dan seni
terpakai. Art Nouveau lebih menitik beratkan pada konsep pemahaman kehidupan
modern dan metode produksi. Seniman diharuskan berkreasi mulai dari arsitektur
hingga furniture design, sehingga seni merupakan bagian dari kehidupan
sehari-hari. Keindahan dan harmoni merupakan bagian dari kehidupan keseharian;
seniman turut serta membuat kehidupan manusia lebih indah.
‘Function follows form’ merupakan penanda zaman ini. Ciri seni zaman ini adalah; sedikit dekorasi, sederhana dan indah.
Art Nouveau sangat mempengaruhi perkembangan gaya De Stijl (Belanda; 1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an).
‘Function follows form’ merupakan penanda zaman ini. Ciri seni zaman ini adalah; sedikit dekorasi, sederhana dan indah.
Art Nouveau sangat mempengaruhi perkembangan gaya De Stijl (Belanda; 1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an).
Nama ‘Art Nouveau’ berasal dari nama
sebuah toko di Paris, Maison de l’Art Nouveau, yang dimiliki oleh Siegfried
Bing, yang memamerkan benda-benda yang memiliki ciri desain aliran art nouveau.
Sejarah Art Nouveau
Sejarah Art Nouveau
Art Nouveau adalah aliran yang
berasal untuk memenuhi kebutuhan gaya
hidup, sangat tidak mungkin untuk tinggal di dalam rumah bergaya art nouveau
tanpa furniture yang bergaya art nouveau pula seperti peralatan makan,
perhiasan, dan lainnya. Para desainer meemusatkan gaya
art nouveau di beberapa kota di Eropa termasuk Brussels, Nancy, dan Paris. Di Brussels aliran
ini secara aktif dikembangkan dengan bantuan Victor Horta and Henry Van de
Velde.
Selain di toko Maison de l’Art
Nouveau, gaya
ini tidak terlalu berhasil di Paris. Dimana, pintu masuk dari Paris Métro
didesain oleh Hector Guimard pada tahun 1899 dan 1900 terkenal sebagai salah
satu arsitektur Art Nouveau di Paris.
Di Inggris, Art Nouveau merupakan
pengembangan dari Arts and Crafts Movement. Pusat yang paling penting di Britain adalah Glasgow dengan kreasi dari Charles Rennie
Mackintosh
Gaya Art Nouveau
berkembang pertama kali terjadi di Belgia dan meyebar ke Eropa sampai Amerika
dengan nama yang berbeda, seperti Jugendstill di Jerman, Austria, dan banyak
Negara lainnya, yang dinamakan setelah masa avant-garde, Jugend yang berarti
muda. Młoda Polska (gaya ‘Polandia muda’ ) di
Polandia, or skønvirke di Denmark,
dan Sezessionsstil (’Secessionism’) di Vienna, dimana mencari seniman atau
desainer untuk mengadakan pameran untuk memamerkan hasil karya mereka. Art
Nouveau juga disebut Liberty di Inggris, Style Moderne di Prancis dan lain-lain
Pada mulanya, Art
Nouveau dan Jugendstil bukan merupakan nama gaya,
dan gaya ini
diadopsi dari beberapa label yang berbeda yang menyebar di beberapa tempat. Dua
nama tadi berasal dari gallery Siegfried Bing L’Art Nouveau di Paris dan
Majalah Jugend di Munich
Puncak Art
Nouveau terasa di seluruh Eropa selama 15 tahun.
b. Tokoh-tokohnya adalah
. Hector Guimard,
Victor Horta Magazines seperti Jugend membantu menyebarkannya di Jerman, Vienna
Secessionists mempengaruhi seni di austria dan hungaria. Art nouveau
juga mempengaruhi masing-masing individual seperti Gustav Klimt, Charles Rennie
Mackintosh, Alfons Mucha, René Lalique, Antoni Gaudí dan Louis Comfort Tiffany,
yang masing-masing dari mereka mempunyai cara yang berbeda dalam berkarya.
Cover depan dari
majalah Jugend di Jerman pada 1896
Cover buku Wren’s
City Churches oleh Arthur Mackmurdo (1833)
Cover buku Wren’s
City Churches karya Arthur Mackmundo, dengan pola tanaman yang ritmis, sering
dianggap sebagai realisasi awal art nouveau. Disaat yang bersamaan, perspektif
datar dan warna-warna kuat dari ukiran Jepang, terutama yang dibuat Katsishika
Hokusai, memberikan efek pada Art Nouveau.
Meskipun Art
Nouveau cenderung nyata dalam lokalisasinya yang menyebar, beberapa
karakteristiknya ditunjukkan dari bentuk-bentuknya. Deskripsi yang
dipublikasikan oleh majalah Pan tentang Cyclamen karya Kermann Obrist (1894),
menjadi terkenal selama penyebaran Art Nouveau. Tidak hanya karya itu menjadi
lebih terkenal The Whiplash, tetapi istilah “whiplash/cemeti” menjadi aplikasi
dalam bentuk-bentuk kurva yang dibuat oleh para seniman pada saat itu. Dekorasi
whiplash, terbentuk dari garis yang dinamik, tidak tumpul, dan melayang dalam
ritme, ditemukan di seluruh arsitektur, lukisan, patung, dan bentuk-bentuk
desain lain art nouveau.
c.
Ciri Khusus:1. Bangunan Art Nouveau kebanyakan dibangun dengan menggunakan bahan material kaca dan jarang memakai bahan material besi ataupun baja
2.Irama bentuk dari seni Art Nouveau adalah dinamis, mengalir, kurva dan berombak-ombak “cambuk”
3. Bangunan Art Nouveau masih menggunakan ornament
d. karya art nouveau
3. Chicago School
a. Sejarah dan Perkembangan
Chicago school (amerika), tokohnya yang ternama ialah Luis Sullivan dan Frank Lyod wright. Pada gerakan ini terutama Luis sullivan dengan slogannya ‘Form follow Function’, disini Ia membahas mengenai tampilan wajah bangunan mempengaruhi kegunaan bangunan tersebut. Sedangkan Frank mengemukakan akan bangunan adalah suatu ‘Organic architecture’, karena sesuai dengan keadaan Amerika pada saat itu.
Chicago school merupakan gaya arsitektur yang menonjolkan teknologi struktur frame baja dalam desainnya, umumnya merupakan gedung-gedung pncakar langit dan gedung-gedung kantor
b. Ciri yang menonjol:
1. Struktur rangka baja
2. Finshing dinding batako, terra cotta, dan frame-frame kusen logam yang menonjol
3. 3 bagian jendela utama, umumnya ditengah merupakan jendela utama yang diapit jendela kecil disampingnya
4. Sedikit Penggunaan ornamen
c. Hasil Karya Chicago School
4. Organic Architecture
a. Sejarah dan Perkembangan
Organic
archutecture adalah sebuah konsep arsitektur dimana ruang dan bentuk dipadukan.
Ruang menjadi pusat pemikiran. Arsitektur organik secara konseptual
menggabungkan konsep tempat tinggal manusia dengan
lingkungan alam (From Wikipedia). Salah satu arsitek pelopornya yaitu Frank Lloyd Wright Wright sejak awal perancangan, dipandang sebagai media dari berbagai intensitas kegiatan, mempunyai karakter psikologis, nilai dan bertujuan mengangkat harkat aktivitas manusia. Museum Guggenheim merupakan contoh sempurna dari filsafat organikWright, dimana denah, potongan dan pandangan dari luar secara bersamaan menyatu secara meyakinkan dalam bentuk tiga dimensi dan ruang, diwujudkan dalam konstruksi beton spiral..
lingkungan alam (From Wikipedia). Salah satu arsitek pelopornya yaitu Frank Lloyd Wright Wright sejak awal perancangan, dipandang sebagai media dari berbagai intensitas kegiatan, mempunyai karakter psikologis, nilai dan bertujuan mengangkat harkat aktivitas manusia. Museum Guggenheim merupakan contoh sempurna dari filsafat organikWright, dimana denah, potongan dan pandangan dari luar secara bersamaan menyatu secara meyakinkan dalam bentuk tiga dimensi dan ruang, diwujudkan dalam konstruksi beton spiral..
Arsitektur organik
Istilah ini diciptakan oleh Frank Lloyd Wright (1867-1959), meskipun tidak
pernah diartikulasikan dengan baik oleh gaya
samar dia menuliskan:
"Jadi di sini saya berdiri di
hadapan Anda berkhotbah arsitektur organik: arsitektur organik menyatakan untuk
menjadi yang ideal modern dan pengajaran sangat dibutuhkan jika kita ingin
melihat seluruh kehidupan, dan sekarang melayani seluruh kehidupan, tidak
memegang tradisi penting untuk TRADISI besar. juga menghargai segala bentuk
prasangka baik kepada kita memperbaiki masa lalu, sekarang atau masa depan,
melainkan meninggikan hukum sederhana akal sehat atau super-akal jika Anda
lebih suka menentukan bentuk dengan cara sifat bahan" -
Frank Lloyd Wright, ditulis pada tahun 1954
Arsitektur organik juga
diterjemahkan ke dalam sifat semua termasuk dari proses desain Frank Lloyd
Wright. Bahan,
motif, dan prinsip-prinsip dasar memesan terus berulang di seluruh bangunan
secara keseluruhan. Ide arsitektur organik tidak hanya merujuk pada
bangunan 'hubungan harfiah ke lingkungan alam, tetapi bagaimana bangunan'
desain adalah memikirkan dengan hati-hati seolah-olah itu suatu organisme
bersatu. Geometri
seluruh bangunan Wright membangun suasana dan tema sentral. Pada
dasarnya arsitektur organik juga desain literal dari setiap elemen bangunan:
Dari jendela, ke lantai, ke kursi masing-masing dimaksudkan untuk mengisi
ruang. Semuanya
berhubungan dengan satu sama lain, yang mencerminkan sistem pemesanan simbiosis
alam.
Arsitek modernis
lainnya di AS, Eropa, dan di tempat lain memiliki pandangan yang saling
melengkapi dan sering bersaing tentang bagaimana arsitektur terbaik bisa meniru
alam. Tokoh-tokoh
kunci di AS termasuk Louis Sullivan dan Claude Bragdon ,
sementara di kalangan modernis Eropa Hugo Haring dan Hans Scharoun menonjol. Setelah
Perang Dunia II, arsitektur organik sering tercermin model cybernetic dan
Informatika kehidupan, seperti yang tercermin dalam karya kemudian futuris
arsitek Buckminster Fuller .
Arsitek dan perencana
David Pearson mengusulkan daftar aturan terhadap desain arsitektur organik. Aturan
ini dikenal sebagai Piagam Gaiauntuk
arsitektur dan desain organik. Bunyinya:
"Biarkan
desain:
§
terinspirasi
oleh alam dan dapat berkelanjutan, sehat, melestarikan, dan beragam.
§
terungkap,
seperti organisme, dari benih dalam.
§
ada
dalam "ini terus menerus" dan "memulai lagi dan lagi".
§
mengikuti
arus dan menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi.
§
memenuhi
kebutuhan sosial, fisik, dan spiritual.
§
"Tumbuh
dari situs" dan menjadi unik.
§
merayakan
semangat muda, bermain dan kejutan.
§
mengungkapkan
irama musik dan kekuatan tari ".
Eric
Corey Freed mengambil pendekatan yang lebih mani dalam membuat deskripsinya:
"Menggunakan
Alam sebagai dasar kami untuk desain, bangunan atau desain harus tumbuh,
seperti Alam tumbuh, dari dalam ke luar Kebanyakan arsitek desain bangunan
mereka sebagai shell dan memaksa mereka di dalam. Alam tumbuh dari benih
gagasan dan mencapai keluar. dengan lingkungan sekitarnya. Sebuah bangunan
demikian, ini mirip dengan organisme dan cermin keindahan dan kompleksitas Alam
".
Sebuah contoh terkenal
dari arsitektur organik Fallingwater ,
kediaman Frank Lloyd Wright yang dirancang untuk keluarga di pedesaan
Pennsylvania Kaufman. Wright telah banyak pilihan untuk menemukan sebuah
rumah di situs ini besar, tetapi memilih untuk menempatkan rumah langsung di
atas air terjun dan sungai menciptakan menutup, namun dialog bising dengan air
mengalir dan situs curam. Horizontal striations batu batu
dengan berani cantilevers campuran
beton berwarna krem dengan batu batuan asli dan lingkungan berhutan.
b. Ciri-ciri Karakter
- Pendekatan desain ini terinspirasi oleh
alam & bentuk dibangun tumbuh dari situs, yang muncul seperti organisme
dari benih alam. - Ini adalah visual puitis, radikal dalam desain, multifaset & mengejutkan, berbeda namun fleksibel & sadar lingkungan.
- Arsitektur Organik dikatakan ibu dari semua arsitektur arsitektur berkelanjutan atau bio, arsitektur alternatif atau lainnya.
Beberapa contoh dari gerakan ini adalah: 'Air Jatuh' Kaufman Residence (Pennsylvania), Sydney Opera House (Sydney), Casa Mila (Barcelona), Lotus Temple (New Delhi).
c. Ciri pada umumnya:
1. Terinspirasi bentukan alam
2. Adanya unsur pengulangan
3. Elastis, lentur, mengikuti aliran
4. Pendalaman terhadap konsep serta kepuasan dalam ide bentuk
5. Unik dan lain dari yang lain
6. Penuh dengan kejutan dan permainan
7. Mengkespresikan konsep ide secara kuat
d. Karya organic architecture
5. Bauhouse
a. Sejarah dan Perkembangan
Bauhouse
(Eropa setelah perang dunia I), tokohnya yang terkenal ialah Walfter Grophius.
Bauhaus ini mencoba mengabungkan akan masalah Arsitek, seniman dan pertukangan.
Tujuan bauhose ini ialah menciptakan suatu kehidupan yang baru dengan style
yang baru pula, jadi pada lagam ini aspek seni dalam sejarah ditinggalkan dan
berusaha menciptakan suatu seni yang baru. Bauhaus didirikan olehWalter
Grophius th. 1919 di
Weimar, Jerman. Sekolah ini merupakan gabungan dari The Weimar School of Arts and Crafts dan the Weimar Academy of Fine Arts. Tujuan utama dari pendirian sekolah ini adalah: “to create a new guild of craftsmen, without the class distinctions which raise an arrogant barrier between craftsman and artist”. Istilah studio di Bauhaus lebih terkenal dengan sebutan “bengkel” (workshops) Bauhaus dikenal dengan faham-fahamnya yang bersifat revolusioner dan universal. Sejumlah literatur menyebutkan bahwa Bauhaus berkontribusi penting dalam pendidikan seni pada abad ke-20, khususnya dalam konteks metodologi.
Merupakan sebuah aliran ( gaya ) arsitektur yang didirikan oleh Walter Gropius pada tahun 1919. Pelopor International Style dan mengenalkan konsep “form follows function”, yaitu bentuk bangunan mengikuti fungsi yang ada pada bangunan tersebut. Bauhaus memiliki pengaruh besar terhadap arsitektur dunia.
Weimar, Jerman. Sekolah ini merupakan gabungan dari The Weimar School of Arts and Crafts dan the Weimar Academy of Fine Arts. Tujuan utama dari pendirian sekolah ini adalah: “to create a new guild of craftsmen, without the class distinctions which raise an arrogant barrier between craftsman and artist”. Istilah studio di Bauhaus lebih terkenal dengan sebutan “bengkel” (workshops) Bauhaus dikenal dengan faham-fahamnya yang bersifat revolusioner dan universal. Sejumlah literatur menyebutkan bahwa Bauhaus berkontribusi penting dalam pendidikan seni pada abad ke-20, khususnya dalam konteks metodologi.
Merupakan sebuah aliran ( gaya ) arsitektur yang didirikan oleh Walter Gropius pada tahun 1919. Pelopor International Style dan mengenalkan konsep “form follows function”, yaitu bentuk bangunan mengikuti fungsi yang ada pada bangunan tersebut. Bauhaus memiliki pengaruh besar terhadap arsitektur dunia.
Bauhaus merupakan
ikon dari perkembangan Seni dan Arsitektur yang lahir akibat revolusi industri
di daratan Eropa pada awal abad 20. Bauhaus merupakan aliran dengan ideolog
Perdamaian antara Seni dan Industri. Kelahiran Bauhaus didahului dengan
terbentuknya Deutscher Werkbund pada 9 Oktober 1907 di Munchen, Jerman,
Mereka ingin
mencari solusi untuk meningkatkan kualitas produk-produk desain Jerman.
usaha melepaskan
diri dari idiom-idiom desain konservatif yang telah berkembang di daratan
Eropa, termasuk Jerman selama berabad-abad, sehingga Deutscher Werkbund dikenal
sebagai pionir Modernism dalam ranah arsitektur. Henry-Russel Hitchcock dan
Philip Johnson lantas mempopulerkan Deutscher Werkbund sebagai The
International Style pada pameran Arsitektur Modern di The Museum of Modern Art,
New York ,
1932.
Akibat perbedaan
ideologi, pada 1914 Deutscher Werkbund terpecah dua, menjadi kelompok
Typisierung yang dipimpin Peter Behrens dan Mutheseus serta kelompok
Kunstwollen yang dipimpin oleh Henry van de Velde, Hugo Haering, Hans Poelzig
dan Bruno Taut.
Walter Gropius
termasuk dalam kelompok Kunstwollen yang pada akhirnya mendirikan Bauhaus di kota Wiemar, Jerman, pada
1919.
Kelahiran Bauhaus
ditandai dua hal. Selain tuntutan dunia industri terhadap masalah-masalah
desain yang lebih fleksibel dan bisa diproduksi secara massal, juga didorong
revolusi desain dari kemunculan tren Gaya Art-Deco di Paris, Prancis, dan
kelompok De-Stijl di Rotterdam, Belanda, pada periode yamg sama.
Bauhaus lebih
mengutamakan kepada penciptaan prinsip-prinsip dasar desain modern sedangkan
Art-Deco lebih kepada hasil penerapannya. Tapi keduanya memiliki tujuan yang
sama yaitu menjadikan karya desain sebagai milik semua kalangan masyarakat.
Karya seni lukis
Bauhaus kebanyakan berbentuk kubisme dan ekspresionisme yang merupakan pengaruh
dari pelukis modern Rusia bergaya konstruktivisme. Pesatnya perkembangan
industri dan meningkatnya kebutuhan alat rumah tangga-seiring perubahan dari
tatanan masyarakat agraris ke masyarakat industri akibat dari revolusi
industri-desain produk seperti furnitur dan alat rumah tangga lain yang
kebanyakan didominasi bahan metal, kulit dan kaca, mulai mendapat perhatian di
Bauhaus
Eksperimen bentuk
untuk produk-produk industri dikenalkan oleh tokoh muda Bauhaus, Josef Albert
(1888-1976). Untuk produk furnitur, yang paling menonjol dan masih diproduksi
sampai sekarang adalah karya desainer Marcel Bruer diantaranya Wassily Chair
dan B32 Chair. Seni Bauhaus tetap menjadi literatur para desainer, baik
dibidang furnitur, seni lukis, desain mode dan fashion sampai saat ini.
b. Tokoh-tokoh
tokoh-tokoh seni
di Bauhaus diantaranya Paul Klee, Oskar Schlemmer, Wassily Kandinsky, El
Lissitzky, Lazlo Moholy-Nagly, Marcks, Feinninger, Munche Schlemmer, dan
Johannes Itten. Mereka dikenal sebagai Master of Form.
Pada dasarnya
arsitektur Bauhaus bercirikan denah
yang signifikan dengan aktifitas dan fungsi antar ruang yang saling
berkaitan-yang kebanyakan berupa bangunan pabrik-terbebas dari aturan gaya arsitektur dan
ornamentasi. Selain itu juga berupa bangunan tinggi dengan mengekspos tangga
atau elevator serta berdinding kaca. Dalam ranah arsitektur, pengaruh Bauhaus
masih terasa sampai sekarang, karena Bauhaus telah berhasil membebaskan
arsitektur dari tradisi lama berwujud greeko-roman yang historism, serta
membuka jalan bagi perkembangan arsitektur modern. Walaupun sesudahnya mendapat
kritikan yang tajam terhadap perkembangan arsitektur modern dengan stream-The
International Style. Bagaimanapun Bauhaus telah menjadi pencetus ideologi baru
di bidang desain, meskipun umurnya tidak begitu panjang.
c. Karya
bauhouse6. International Style
a. Sejarah dan Perkembangan
Gaya
Internasional adalah
besar gaya arsitektur yang
muncul pada 1920-an dan 1930-an, dekade formatif arsitektur Modernis . Istilah
itu berasal dari nama sebuah buku oleh Henry Russell
Hitchcock- dan Philip Johnson ditulis
untuk merekam Pameran Internasional Arsitektur Modern yang diadakan di Museum
of Modern Art di New York City pada tahun 1932 yang diidentifikasi,
dikategorikan dan diperluas karakteristik umum untuk Modernisme di seluruh
dunia. Akibatnya,
fokus lebih pada aspek gaya
Modernisme. Hitchcock
dan bertujuan Johnson adalah untuk menentukan gaya dari waktu, yang akan mengenkapsulasi
ini arsitektur modern. Mereka mengidentifikasi tiga prinsip yang berbeda:
ekspresi volume bukan massa,
keseimbangan bukan simetri terbentuk sebelumnya dan pengusiran ornamen
diterapkan.Semua karya yang ditampilkan sebagai bagian dari pameran dipilih
secara cermat, karena hanya bekerja yang ketat mengikuti seperangkat aturan
yang ditampilkan. menggunakan Sebelumnya istilah itu dalam konteks yang sama
dapat dikaitkan dengan Walter Gropius diInternationale
Architektur, dan Ludwig Hilberseimer di Internationale
neue Baukunst.
b.
Ciri-ciri Ciri-ciri umum gaya Internasional meliputi:
• radikal penyederhanaan bentuk
• penolakan terhadap ornamen, dan
• adopsi dari kaca, baja dan beton sebagai bahan pilihan.
• Transparansi konstruksi (ekspresi jujur struktur)
• Penggunaaan material/struktur pabrikasi
• Menggunakan bentuk-bentuk geometri. Berbentuk Kubus sederhana “ Segiempat anjang yang menekan”.
• Semua bagian muka gedung bersudut 90 derajat dan bertingkat. Bentuknya segi-empat atau penyiku.
• Jendela tersusun secara garis horizontal dan membentuk suatu garis beraturan.
• Meminimalisir ornamen.
• Bentuk mengikuti fungsi.
c. Karya international style
assalamu'alaikum kak, aku mau nanya, kenapa foto bangunan art craft and moevementnya gak terbaca ya di pc aku? padahal aku udah refresh berkali-kali dan jaringan masih bagus
BalasHapus